Jika Anak Sulit Ditinggal Pergi

7 Januari 2014

Seorang anak yang terlalu dekat dengan orang tuanya, pasti ketika akan ditinggal pergi entah mau kerja atau ada urusan pribadi pasti si anak sulit untuk ditinggal dan merengek ingin ikut. Kondisi seperti ini pun lantas membuat Bunda menjadi berat hati untuk meninggalkan si kecil, alhasil rencana untuk pergi pun gagal karena si kecil terus merengek tidak mau ditinggal pergi.

 

Banyak faktor yang membuat anak tidak mau ditinggal pergi, dan salah satunya adalah faktor kedekatan. Anak dekat dengan orang tua itu wajar, tetapi jika terlalu dekat itu juga tidak baik. Karena si anak akan sulit untuk mandiri dikemudian hari. Nah, cara yang dapat dilakukan agar anak mau untuk ditinggal pergi saat orang tuanya memang harus meninggalkannya misalnya saat mau pergi kerja.

 

1. Melatih Anak Untuk Mandiri

Meskipun anak masih kecil, tapi melatih anak untuk mandiri ini sangat penting. Dapat dilakukan dengan hal-hal yang sederhana, misalnya melatih anak untuk mengenakan pakaian sendiri, makan sendiri, ya meskipun tidak bisa tetapi latihan-latihan semacam ini akan membuat anak menjadi mandiri dan tidak tergantung dengan orang tua terus yang berakibat anak menjadi manja. Bisa juga melatih anak untuk pergi ke kamar sendiri atau ke tempat-tempat terdekat namun tetap dikontrol. Hal ini akan menumbuhkan keberanian si anak dan anak akan menjadi terbiasa serta tidak kaget apabila ditinggal pergi orang tuanya sementara waktu.

 

2. Jangan Berbohong Kepada Anak

Banyak juga orang tua yang membohongi anak untuk pergi. Misalnya, orang tua mau pergi bekerja dan pulang sore tetapi orang tua bilang kepada anak jika bunda hanya pergi sebentar ke dokter nanti pulang lagi. Meskipun orang tua sudah bilang nanti akan pulang lagi, dan sebentar tetapi usahakan jangan membohongi anak kemana akan pergi, dan katakan berapa lama akan balik. Sehingga si anak tahu kira-kira kapan orang tuanya akan pulang. Apabila hanya mengatakan sebentar, itu membuat anak menjadi terus menunggu dan akhirnya tidak mau ditinggal dan malah nangis terus.

 

3. Selalu Pamit Dengan Anak

Apabila anak sulit ditinggal pergi, usahakan selalu berpamitan kepada anak. Selain jangan membohongi mau kemana, pamitan misalnya seperti cium tangan atau melambaikan tangan akan membuat anak menjadi tenang. Jangan sekali-kali pergi meninggalkan anak secara diam-diam, karena anak akan merasa kehilangan dan bisa jadi anak akan menangis terlalu lama. Hal ini juga akan berdampak dikemudian hari saat orang tua akan meninggalkan si anak lagi, dan si anak pun tidak akan percaya lagi sehingga semakin sulit untuk ditinggal pergi.

 

4. Selalu Tetapi Janji

Apabila orang tua telah pamitan kepada anak dan anak pulang pada sore hari, maka pulanglah  pada sore hari itu juga. Hal ini akan menumbuhkan kepercayaan si anak kepada orang tuanya, dan dikemudian hari ketika orang tua akan meninggalkannya, si anak akan mengijinkan.

 

5. Ajak Berkumpul

Jika sudah pulang, ajaklah anak untuk berkumpul bersama agar si anak terobati rasa kangennya juga menghilangkan rasa sedih si anak setelah ditinggal pergi.

 

Apabila anak masih juga sulit untuk ditinggal, coba berikan si anak mainan. Anak kan suka dengan mainan, apabila jika mainannya keren-keren, pasti anak akan suka. Anda dapat menyewa mainan di <a href=”http://rentalmainanjakarta.com/”>Rental Mainan Anak</a> di tempat kami karena kami memiliki berbagai jenis mainan anak yang sesuai umur anak anda. Dan apabila anak anda bosan dengan mainan tersebut dapat ditukar dengan yang lain. Silahkan <a href=”http://rentalmainanjakarta.com/contactus.php”>hubungi kami</a> untuk konsultasi mainan anak untuk buah hati anda. Tidak perlu membeli jika sewa pun ada, dan tentunya lebih hemat :)



Baca juga
  »
22 Desember 2015
Memilih mainan sesuai Usia
Pilihkan anak mainan yang tak hanya menghibur, tapi juga membantunya untuk berimajinasi, memecahkan masalah dan membantu perkembangan motoriknya. Berikut ini kami berikan tips nya agar para ayah dan ibu tidak bingung dalam memilih mainan untuk buah hatinya

  »
1 Juli 2015
Tips Untuk Anak yang Sulit Makan :)
16 Tips untuk Anak Balita yang Susah Makan. Apakah anda memiliki anak yang sulit makan? ayok coba kita intip trik n tips nya...

  »
31 Januari 2015
Rental Mainan anak terpercaya di jakarta
Rental Mainan anak terpercaya di jakarta

  »
6 Januari 2014
Rental mainan untuk pesta ulang tahun anak
Rental mainan untuk pesta ulang tahun anak

  »
6 Januari 2014
mainan anak edukatif
mainan anak edukatif

  »
6 Januari 2014
Jakarta baby toys rental
Menghemat lebih banyak tanpa harus membeli