mainan anak edukatif

6 Januari 2014

mainan anak edukatif

 

Memberi anak mainan untuk belajar

 

Apa arti mainan edukatif?

Mainan anak apapun bentuknya tentu bermanfaat bagi perkembangan anak. Berbahan plastik, besi, atau kayu tentu setiap mainan mempunyai karakteristik tersendiri mengapa dibuah dari bahan tersebut. Mainan anak edukatif bukanlah mainan yang hanya sekedar dimainkan tanpa memberi manfaat tertentu bagi anak. Dengan mainan edukatif tentu anak akan mengenal warna, pola, bentuk, sehingga memungkinkan mereka belajar dalam kegiatan bermain tersebut.

 

Jenis mainan edukatif

Mainan edukatif kini banyak dikembangkan menjadi sarana belajar sambil bermain di PAUD dan TK. Setiap jenis mainan mempunyai karakteristik dan tujuan pembelajaran tertentu. Untuk mengembangkan kemampuan motorik anak dapat diberikan mainan edukatif berupa puzzle atau balok yang dapat disusun menjadi bangun tertentu. Anak dapat belajar menyesuaikan pola dan bentuk juga warna pada mainan tersebut. Mainan jenis ini akan mengasah kecerdasan, kemampuan memecahkan masalah, dan logika anak. Mengembangkan kemampuan pedagogik anak di usia TK juga dapat dilakukan dengan pemberian mainan edukatif. Misalnya memberikan mainan berupa gambar benda dan huruf-huruf yang dapat diacak di bawahnya. Anak akan meningkatkan kemampuan membaca, menyusun huruf menjada kata yang tepat sesuai gambar. Kemampuan berhitung diberikan melalui jenis mainan berupa papan angka. Anak dapat mengenal angka berdasarkan dari banyaknya butir atau titik di masing-masing lambing bilangan.

 

Manfaat mainan edukatif

Beberapa manfaat yang diperoleh dengan mainan edukatif anak adalah potensi anak dapat dikembangkan dan merangsang daya pikir anak. Selain itu mainan edukatif juga dapat melatih kemampuan motorik, mengenalkan konsep sebab akibat, melatih bahasa dan wawasan mereka. Anak tidak merasa bosan dan tidak menyadari bahwa mereka bermain sambil belajar. Mainan edukatif menunjang pembelanjaran anak usia dini untuk mendapatkan pengetahuan di luar sekolah karena bisa diberikan orang tua sebagai mainan di rumah. Tidak semua mainan edukatif dirancang khusus untuk tujuan tertentu, namun dapat dioptimalkan penggunaannya untuk mencapai tujuan tertentu. Misalnya pada mainan puzzle bentuk benda. Setiap anak harus menempatkan benda sesuai bentuk pada papan. Proses belajar juga dapat dilanjutkan dengan pengenalan nama masing-masing bentuk dasar misalnya lingkaran, persegi, segitiga, dan persegi panjang. Selanjutnya proses yang lain juga dapat diikuti seperti pengenalan warna, menyebutkan warna diikuti nama masing-masing benda.

 

 

Memberikan mainan untuk anak dapat dilakukan dengan memperhatikan manfaat dan kegunaannya. Mainan anak tidak harus mahal dan akan lebih bermakna jika mainan tersebut dapat meningkatkan kemampuan berfikir dan nalar mereka. Mainan anak tidak terbatas pada mobil-mobilan, senjata, boneka yang kurang memberikan manfaat dalam penggunaanya, meskipun tidak ada salahnya jika mainan tersebut diberikan untuk koleksi. Bahkan harga mainan edukasi jauh lebih murah karena memanfaatkan sisa kayu yang tidak terpakai. Sebagai orang tua ini adalah kebijaksanaan masing-masing dalam menyikapi perlunya mengembangkan kecerdasan anak melalui mainan yang diberikan.



Baca juga
  »
22 Desember 2015
Memilih mainan sesuai Usia
Pilihkan anak mainan yang tak hanya menghibur, tapi juga membantunya untuk berimajinasi, memecahkan masalah dan membantu perkembangan motoriknya. Berikut ini kami berikan tips nya agar para ayah dan ibu tidak bingung dalam memilih mainan untuk buah hatinya

  »
1 Juli 2015
Tips Untuk Anak yang Sulit Makan :)
16 Tips untuk Anak Balita yang Susah Makan. Apakah anda memiliki anak yang sulit makan? ayok coba kita intip trik n tips nya...

  »
31 Januari 2015
Rental Mainan anak terpercaya di jakarta
Rental Mainan anak terpercaya di jakarta

  »
7 Januari 2014
Jika Anak Sulit Ditinggal Pergi
Hal yang harus diperhatikan jika meniinggalkan anak di rumah

  »
6 Januari 2014
Rental mainan untuk pesta ulang tahun anak
Rental mainan untuk pesta ulang tahun anak

  »
6 Januari 2014
Jakarta baby toys rental
Menghemat lebih banyak tanpa harus membeli